Rabu, 18 Januari 2012

Longmen Grottoes...


Longmen Grottoes atau Longmen Caves adalah salah satu peninggalan kehebatan seni nenek moyang bangsa China yang dirupakan dalam bentuk ribuan patung Budha dan pengikutnya yang diukir di sepanjang bukit batu di sisi sungai Yi. Longmen Grottoes  berada 12 km di sebelah selatan Kota Luoyang Propinsi Henan Cina. Berlokasi di antara G. Xiang dan G. Longmen berhadapan langsung dengan Sungai Yi (Yihe River). Longmen Grottoes ini merupakan salah satu dari 3 komplek patung dan ukiran Budha di Cina. Dari sisi lokasi geografisnya ukiran patung Budha dan ajaran Budha di Longmen Grottoes adalah salah satu yang terindah disamping lokasi lainnya yaitu Dunhuang Grotto di Dunhuan, Propinsi Gansu di barat laut China dan Yungang Grotto di Propinsi Shaanxi.

Di sepanjang bukit batu di kedua sisi Sungai Yi dengan panjang sekitar 1 km terdapat lebih kurang 1,400 gua, 100,000 patung, dengan tinggi patung mualai dari 25 mm sampai Patung Budha yang tertinggi berukuran 17 m. Terdapat juga lebih kurang 2500 stella dan 60 pagoda.

Gua-gua dan patung di kompleks ini dibangun pada masa Dinasti Wei (386-534M) sekitar tahun 493 M pada masa pemerintahan Kaisar Xiaowen dan diteruskan oleh 6 dinasti berikutnya termasuk Dinasti Tang (618-907 M) dan Dinasti Song selama kurang lebih 400 tahun. Fase pertama dibangun pada masa Dinasti Wei sampai tahun 534 M, fase kedua dibangun pada masa Dinasti Sui (581-618 M) pada awal-awal Dinasti Tang (618-907 M). Fase ketiga dikerjakan pada masa Dinasti Tang sedangkan fase terakhir dibangun pada masa akhir Dinasti Tang dan awal Dinasti Song. Pada tanggal 30 Nopember 2000 Unesco menetapkan Longmen Grottoes menjadi warisan budaya dunia.

Area Sebelum Gerbang Longmen Grottoes


Pintu Gerbang Longmen Grottoes



Background pintu gerbang dan jembatan Sungai Yi

Pada masa pemerintahan dua dinasti di Cina yaitu Dinasti Ming ( 1368-1644M) dan Dinasti Qing (1644-1912) dimana terjadi kebangkitan budaya di Cina, Longmen Grottoes mulai dikenal secara nasional di Cina maupun di dunia internasional.

Sungai Yi


Gua di perbukitan di sisi barat Sungai Yi


Gua di perbukitan di sisi timur Sungai Yi

Fengxian atau Feng Xian Si atau Li Zhi adalah gua pemujaan bagi leluhur, merupakan gua berukir terbesar di komplek Longmen Grottoes. Dibangun tahun 672 - 676 M pada masa Dinasti Tang untuk Putri Wu Zetian, dengan ukuran 39x35 m di bagian dalamnya. Di sinilah terdapat patung Budha dengan ukuran paling besar.

panorama Fengxian, ukiran Budha terbesar


Sang Budha


Sisi kanan Fengxian


Sisi kiri Fengxian


Di depan Sang Budha


Sakyamuni di Gua Binyang


Fengxian dari sisi timur Sungai Yi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar