Senin, 09 Januari 2012

White Horse...

Berlokasi 12 km di sebelah timur Kota Luoyang, Propinsi Henan, Cina, The White Horse (The Baima Temple) adalah kuil Budha tertua di Cina. Walaupun bukan kuil terluas ataupun terindah di Cina, White Horse merupakan kuil yang sangat penting bagi sejarah penyebaran Budha di Cina. 

Sejarah kuil ini dimulai pada masa pemerintahan Kaisar Mingdi dari Dinasti Han (25-220 M). Pada Tahun 68 M Kaisar Mingdi mengutus Cai Yin, Qin Jing, beserta beberapa pengikut untuk pergi ke Tianzhu (sekarang India) untuk mempelajari Budha. Ketika When Cai, Qin, dan rombongannya tiba di daerah yang sekarang disebut Afghanistan, mereka bertemu dengan Kasyapamatanga dan Dharmaranya, dua pendeta dari India yang mengajarkan Ajaran Budha di sana. Pada tahun itu juga mereka kembali ke Luoyang membawa kitab Budha yang tertulis dalam Bahasa Sansekerta dan potret Sakyamuni (Budha) yang diangkut dengan kuda putih beserta kedua pendeta India tersebut. Kaisar menginapkan pendeta India itu di the Honglu Temple, untuk selanjutnya kuil tersebut dibangun untuk kedua pendeta itu dan diberi nama Baima (White Horse) Temple untuk mengingat dan menghormati kuda putih pembawa Kitab Budha dan potret Sakyamuni.

Kuil Baima (White Horse Temple) yang ada sekarang sudah mengalami beberapa kali perubahan, yang terbesar adalah pada saat Dinasti Ming (1368-1644), area kuil menjadi 40,000 meter persegi dengan pintu masuk yang beratap dengan dilengkapi 3 pintu. Di sepanjang tengah-tengah area adalah halaman berturut-turut The Hall of the Heavenly King, Mahavira Hall, Receiving and Directing to Paradise Hall, Vairocana Pavilion, dan Hall of the Giant Buddha.

Di sisi timur halaman dan paviliun adalah Guest Hall, Hall of Prayer, Hall of Abstinence, dan tempat tinggal para pendeta. Di sisi barat adalah Hall of the Founder of Buddhism, Hall of Meditation, dan Preaching Hall. Kompleks ini secara keseluruhan sangat anggun dan proporsional dengan menunjukkan keagungan arsitektur Cina yang membedakan antara struktur yang penting dengan yang kurang penting.


White Horse Temple


White Horse

Di kuil inilah dibuat Chinese Sutra of Forty-two Sections versi pertama. Kuil ini menjadi kuil yang sangat penting bagi perkembangan Budha di Cina yang menyebar ke Korea, Jepang dan Vietnam. Ajaran Budha di Cina juga berpengaruh penting terhadap pengetahuan, etika dan moral Bangsa Cina.

Pada tahun 1992 dibangun Hall of the Thai Buddha di sebelah barat kuil yang lama atas prakarsa dan partisipasi penganut Budha dari Thailand dan Cina sendiri. Pada tahun 2008 kuil dikembangkan dengan bangunan stupa dengan style India dengan kerjasama antara pe,erintah Cina dan India.


Offering Incense


Persiapan doa


Penganut Budha berdoa


Hall of Heavenly Kings

Inside Hall of Heavenly Kings

With Buddhis Monk 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar